Beranda Nasional Ekonomi Seni Budaya Internasional Biografi Politik Hukum Kriminal Pemerintahan Daerah Pendidikan Olahraga Opini Foto Video

Beranda Nasional Ekonomi Seni Budaya Internasional Biografi Politik Hukum Kriminal Pemerintahan Daerah Pendidikan Olahraga Opini Foto Video Lelucon Muhasabah Otobiografi Pinggir Jurang Somasi Viral Berita Terbaru

Profil

Tentang Kami SUSUNAN REDAKSI Iklan

Ikuti Kami

Daerah   

2023, Disdukcapil Tubaba Fokus Pelayanan Identitas Kependudukan Digital

Redaksi   |   Selasa, 22 November 2022, 20:27 WIB   |   29 dibaca
2023, Disdukcapil Tubaba Fokus Pelayanan Identitas Kependudukan Digital

Sekretaris Disdukcapil Tubaba Johanuddin SE MM. | Foto humas

 

 

Tubaba, Bensor.co.id - Berbagai target Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Tulang Bawang Barat, Lampung tahun 2022 telah terlampaui dan terealisasi.

 

Sekretaris Disdukcapil Johanuddin SE MM mengatakan, berbagai target yang telah dicapai merupakan target nasional Ditjen Dukcapil Kemendagri. Target itu meliputi kepemilikan KTP-e, kepemilikan akte kelahiran, dan kepemilikan kartu identitas anak.

 

"Pembuatan dokumen sudah bisa cetak mandiri dari customer service (CS Dukcapil) yang ada di desa. Warga psudah bisa mengajukan serta menginput pembuatan dokumen kependudukan melalui aplikasi yang sudah tersedia di E-Smile Tubaba atau via whatsapp. Lalu mengupload semua persyaratan sesuai dengan regulasi yang berlaku. Selanjutnya, disdukcapil akan memverifikasi data," tuturnya, Selasa (22/11/2022).

 

Setelah proses verifikasi selesai akan dilakukan Tanda Tangan Elektronik (TTE) oleh kepala dinas. Selanjutnya dokumen tersebut sudah bisa dikirim kembali dalam bentuk file pdf dan bisa langsung dicetak mandiri. Terutama khusus dokumen KK akta kelahiran akta kematian dan SKPWNI.

 

Johanuddin menjelaskan, betapa pentingnya dokumen kependudukan. Terutama untuk kepentingan imigrasi BPJS Perbankan dan sekolah. Warga dihimbau untuk peduli terhadap dokumen kependudukan. Seandainya masih ada dokumen yang kurang sinkron, maka sudah bisa dibenahi.

 

"Penggunaan aplikasi sangat menguntungkan. Selain mengurangi penggunaan kertas blangko, juga lebih praktis. Selain pelayanan home service, ada juga metode jemput bola wajib KTP. Terutama di sekolah-sekolah karena para siswa wajib ber-KTP," tuturnya.

 

"Untuk mensukseskan semua program tersebut kami mengharapkan dukungan dari semua pihak dan teman-teman media baik itu dari media cetak maupun media elektronik agar dapat membantu mensosialisasikannya. Ketika dokumen itu sudah bagus kita dapat dipergunakan untuk kepentingan dan tidak ada kendala, karena perubahan dokumen itu super dinamis," tukasnya. (Fio)

 

Editor Kholis 

Baca Juga

Dua Toko di Pasar Natar Kebakaran

Redaksi

Dua Toko di Pasar Natar Kebakaran

Kamis, 01 Desember 2022 15:58 WIB

  Lampung Selatan, bensor.co.id - Pasar Natar kembali kebakaran, Kamis (1/12/2022) sekira pukul 11.15 wib. Kali ini menimpa dua toko: Toko Susi

Pengurus Karang Taruna Pesawaran Jalan-jalan ke Solo

Redaksi

Pengurus Karang Taruna Pesawaran Jalan-jalan ke Solo

Kamis, 01 Desember 2022 09:47 WIB

  Jawa Tengah, bensor.co.id - Sejumlah pengurus teras Karang Taruna Kabupaten Pesawaran pergi ke Solo Jawa Tengah. Mereka mengikuti BBKT Nasiona

Suasana Haru Mewarnai Pelepasan Kompol Parhan

Redaksi

Suasana Haru Mewarnai Pelepasan Kompol Parhan

Rabu, 30 November 2022 21:14 WIB

  Lampung Selatan, bensor.co.id - Polres Lampung Selatan menggelar upacara purna tugas Kompol Parhan (Kabag Perencanaan Polres Lampung Selatan)