Beranda Nasional Ekonomi Seni Budaya Internasional Biografi Politik Hukum Kriminal Pemerintahan Foto Video Lelucon Muhasabah Otobiografi Pinggir Jurang Somasi Viral Berita Terbaru

Profil

Tentang Kami SUSUNAN REDAKSI Iklan

Ikuti Kami

Hukum   

Firli Belum Ditahan, Tunggu Izin Pak Lurah

Redaksi   |   Jumat, 08 Desember 2023, 14:53 WIB   |   58 dibaca
Firli Belum Ditahan, Tunggu Izin Pak Lurah

Firli Bahuri saat di Novotel Bandarlampung. | Foto kholis

 

Jakarta, bensor.co.id - Teka-teki kenapa tersangka Firli Bahuri belum ditahan masih jadi misteri.

 

Bambang Rukminto sebagai pengamat kepolisian dari ISESS, menganggap seharusnya pihak kepolisian sudah menahan Firli. Dilihat dari rekam jejak FB dalam kasus ini, dengan menghindar pemanggilan, potensi menghilangkan bukti.

 

Bambang menduga Firli masih bebas karena belum ada izin dari Presiden Joko Widodo untuk penangkapan dan penahanan FB. Menurutnya pihak kepolisian bisa menahan FB tanpa menunggu izin presiden, karena FB telah diberhentikan dari KPK secara penuh. Bukan pemberhentian sementara atau non-aktif dari ketua KPK.

 

“Penahanan pejabat negara harus ada izin dari presiden. Sedangkan pemberhentian sementara FB dari jabatan bukan berarti pemecatannya dari komisioner KPK,” kata Bambang saat dihubungi pada Kamis, 7 Desember 2023.

 

Yudi Purnomo, eks penyidik KPK berpendapat bahwa tidak ada aturan bahwa memerlukan izin presiden dalam UU KPK. Sehingga dalam proses pemeriksaan, penahanan, tidak memerlukan izin presiden. Hal itu merupakan kewenangan penyidik. Ia menduga FB belum titahan lantaran penyidik masih akan melakukan rangkaian pemeriksaan tambahan.

 

“Tentu nanti kita lihat ya kapan akan ditahan, saya masih yakin itu cepat atau lambat akan ditahan,” katanya.

 

Yudi memaparkan alasan obyektif dan subyektif sebagai syarat penahanan tersangka yang sudah terpenuhi. Adapun alasan obyektif yang terpenuhi, yaitu kejahatan korupsi yang di atas 5 tahun ancaman hukuman penjaranya.

 

Menurut Kapolri Listyo Sigit semuanya masih dalam proses penuntasan kasus pemerasan oleh pimpinan KPK itu, termasuk proses penahanan terhadap Firli Bahuri.

 

“Ya ikuti saja prosedurnya. Tentunya penyidik memiliki alasan-alasan subjektif sepanjang itu masih dimaknai bisa ditoleransi,” kata Listyo Sigit usai berkunjung ke Gedung Merah Putih KPK, Senin, 4 Desember 2023. (Net/ Anto Octavian Toro)

 

Editor Kholis 

 

Baca Juga

Sopir Bus Eva Star Jadi Tersangka Kecelakaan Maut

Redaksi

Sopir Bus Eva Star Jadi Tersangka Kecelakaan Maut

Selasa, 27 Februari 2024 20:27 WIB

  Lampung Selatan, bensor.co.id - Polres Lampung Selatan tetapkan F (36) pengemudi bus Eva Star sebagai tersangka kecelakaan di gerbang tol seap

3 Pembacok Wartawan Ditangkap

Redaksi

3 Pembacok Wartawan Ditangkap

Minggu, 25 Februari 2024 13:19 WIB

  Lampung, bensor.co.id - Sering berselisih masalah pribadi, seorang wartawan dibacok. Tiga pelaku ditangkap, seorang lagi buron.   Pemba

Pencuri 48 Ton Inti Sawit di PTPN Diamankan Polsek Natar

Redaksi

Pencuri 48 Ton Inti Sawit di PTPN Diamankan Polsek Natar

Sabtu, 24 Februari 2024 21:38 WIB

  Lampung Selatan, bensor.co.id - Unit Reskrim Polsek Natar, berhasil memburu tiga pelaku pencurian inti sawit milik PTPN 1 Regional 7 Unit Rejo