Beranda Nasional Ekonomi Seni Budaya Internasional Biografi Politik Hukum Kriminal Pemerintahan Foto Video Lelucon Muhasabah Otobiografi Pinggir Jurang Somasi Viral Berita Terbaru

Profil

Tentang Kami SUSUNAN REDAKSI Iklan

Ikuti Kami

Ekonomi   

Harga Tepung Tapioka Meroket

Redaksi   |   Selasa, 16 Januari 2024, 17:35 WIB   |   270 dibaca
Harga Tepung Tapioka Meroket

Pedagang sembako ini menunjukkan stok tepung tapioka. | Foto net

 

Bandarlampung, bensor.co.id - Dampak musim kemarau akhirnya dirasakan para produsen kerupuk dan pedagang pempek. Harga tepung tapioka di Pasar Rajabasa Bandarlampung kini Rp 13 ribu perkilogram, dari sebelumnya Rp 10 ribu.

 

Di Indogrosir, tepung tapioka sempat menghilang seminggu. Begitu muncul harganya sudah melonjak menjadi Rp 278 ribu per sak 25 kilogram. Di sejumlah agen sembako juga mengalami kehabisan stok. Di Agen Galih Kemiling misalnya, hingga hari ini tak memiliki stok.

 

Adel, salah satu pedagang pempek dan tekwan di Rajabasa Bandarlampung memutuskan untuk menghentikan produksi. Dia memilih untuk menunggu harga naik.

 

Ika, pedagang pempek, memilih untuk mengurangi produksi. Termasuk menggunakan tepung tapioka curah daripada tepung tapioka kualitas tinggi. Tepung tapioka sagu tani, kini dijual Rp 8.500 per bungkus isi 500 gram. Padahal sebelumnya, hanya Rp 7 ribu. Begitu juga sagu Liow Pit, saat ini menjadi Rp 28 ribu, dari sebelumnya Rp 25 ribu perkilogram.

 

Aloy, sales Bumi Waras mengaku, pihaknya kekurangan bahan baku singkong. Hasil produksi petani di Lampung jauh berkurang dari biasanya akibat kemarau. Kualitas singkongnya pun menurun. Ukuran singkong menyusut 50 persen dari ukuran standar. Ia memperkirakan kelangkaan ini bisa berlangsung sebulan ke depan. 

 

Di Jawa Barat, imbas dari kenaikan harga bahan baku tepung tapioka ini, membuat produsen kerupuk di wilayah Kecamatan Cipaku, Ciamis, terpaksa untuk sementara waktu berhenti berproduksi.

 

Salah satu produsen kerupuk yang menghentikan produksi sementara adalah Herdiana, warga Desa Ciakar, Kecamatan Cipaku.

 

Kenaikan harga tepung tapioka terjadi sejak tahun baru 2024. Padahal jauh sebelumnya, harga terbilang normal kisaran Rp 800 ribu per kuintal. Saat ini harga mencapai Rp 1,3 juta per kuintal. (Citra Dewi)

 

Editor Kholis 

 

Baca Juga

Harga Beras Terus Naik dan Langka

Redaksi

Harga Beras Terus Naik dan Langka

Sabtu, 24 Februari 2024 14:48 WIB

  Pringsewu, bensor.co.id - Ketersediaan beras di Bandarlampung kian langka. Harganya pun terus meroket.   Beras kualitas biasa, di Banda

Harga Tepung Tapioka Meroket

Redaksi

Harga Tepung Tapioka Meroket

Selasa, 16 Januari 2024 17:35 WIB

  Bandarlampung, bensor.co.id - Dampak musim kemarau akhirnya dirasakan para produsen kerupuk dan pedagang pempek. Harga tepung tapioka di Pasar

Kinerja Penjualan Eceran di Bandar Lampung Tumbuh

Redaksi

Kinerja Penjualan Eceran di Bandar Lampung Tumbuh

Senin, 15 Januari 2024 19:27 WIB

  Bandarlampung, bensor.co.id - Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Lampung Budiyono mengatakan, Hasil Survei Penjualan Eceran (SPE) di No