Beranda Nasional Ekonomi Seni Budaya Internasional Biografi Politik Hukum Kriminal Pemerintahan Foto Video Lelucon Muhasabah Otobiografi Pinggir Jurang Somasi Viral Berita Terbaru

Profil

Tentang Kami SUSUNAN REDAKSI Iklan

Ikuti Kami

Politik   

Kertas Suara Cacat Harus Dilaporkan

Redaksi   |   Sabtu, 06 Januari 2024, 18:37 WIB   |   65 dibaca
Kertas Suara Cacat Harus Dilaporkan

Kapolres Lampung Selatan AKBP Yusriandi Yusrin meninjau proses pelipatan kertas surat suara Pemilu di Gor Mustafa Kemal Kalianda, Jumat (5/1/2024). | Foto humas

 

Lampung Selatan, bensor.co.id - Para pekerja pelipat kertas suara harus melapor, jika ditemukan kertas cacat. Proses pelipatan suara merupakan bagian penting dalam proses Pemilu jurdil.

 

Kapolres Lampung Selatan AKBP Yusriandi Yusrin menekankan hal ini saat meninjau proses pelipatan kertas surat suara Pemilu di Gor Mustafa Kemal Kalianda, Jumat (5/1/2024).

 

AKBP Yusriandi Yusrin didampingi Ketua KPU Lampung Selatan Ansurasta Razak, Ketua Bawaslu Lampung Selatan Wazzaki dan Kabag Ops Kompol Tangguh Satya Buana.

 

Kapolres menghimbau pekerja pelipat kertas apabila menemukan ada kertas yang rusak segera melapor.

 

"Bila menemukan surat suara yang rusak atau cacat, apakah itu bolong robek dan sebagainya supaya segera melaporkan ke masing-masing ketua dapilnya," kata AKBP Yusriandi.

 

Di samping itu ia juga memerintahkan petugas pengamanan untuk mencatat setiap kegiatan yang berlangsung di gedung lokasi pelipatan. 

 

“Petugas piket harus mencatat berapa jumlah peserta yang melakukan pelipatan, dan saat selesai berapa jumlah surat suara yang sudah terlipat serta semua kegiatan yang terjadi baik itu patroli dan lainnya,” tegasnya.

 

Pelipatan kertas surat suara ini yang dijadwalkan akan berlangsung dari tanggal 5 sampai 14 Januari 2024 ini dijaga ketat oleh petugas Polres Lampung Selatan bersama dengan pengamanan dari KPU dan Bawaslu. 

 

Sebelum peserta pelipatan kertas suara memasuki gedung, petugas kepolisian akan melakukan pemeriksaan body checking  dengan menggunakan alat metal detector dan manual system. 

 

Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi adanya benda benda yang berbahaya dan tidak diperlukan dibawa kedalam lokasi gedung pelipatan misalnya seperti handphone, korek api, benda tajam, air minum dan lainnya. Ini sesuai SOP yang ditetapkan.(Bambang SP)

 

Editor Kholis 

Baca Juga

Kondusif, Rapat Pleno Rekapitulasi Suara di PPK

Redaksi

Kondusif, Rapat Pleno Rekapitulasi Suara di PPK

Minggu, 25 Februari 2024 13:28 WIB

  Lampung Selatan, bensor.co.id - Di tengah tudingan kecurangan para elit politik, proses perhitungan suara Pemilu 2024 di Lampung berlangsung k

Marak Pencurian Suara, Alzier Desak Pemungutan Suara Ulang

Redaksi

Marak Pencurian Suara, Alzier Desak Pemungutan Suara Ulang

Kamis, 22 Februari 2024 19:56 WIB

  Bandarlampung, bensor.co.id - Caleg DPR dari Partai Golkar Alzier Dianis Thabranie siap berjuang mengembalikan suaranya yang diduga dicuri. Ia

Caleg Dhuafa dan Parpol Gurem, Rentan Dicuri Suaranya

Redaksi

Caleg Dhuafa dan Parpol Gurem, Rentan Dicuri Suaranya

Senin, 19 Februari 2024 21:12 WIB

  Jakarta, bensor.co.id - Pencurian suara Pileg 2024 nyata terjadi. Caleg dhuafa dan partai gurem sangat potensial dan rentan menjadi korban. Ma