Beranda Nasional Ekonomi Seni Budaya Internasional Biografi Politik Hukum Kriminal Pemerintahan Foto Video Lelucon Muhasabah Otobiografi Pinggir Jurang Somasi Viral Berita Terbaru

Profil

Tentang Kami SUSUNAN REDAKSI Iklan

Ikuti Kami

Politik   

KPU Pastikan Debat Cawapres Dua Kali

Redaksi   |   Senin, 04 Desember 2023, 21:36 WIB   |   51 dibaca
KPU Pastikan Debat Cawapres Dua Kali

Tiga capres-cawapres siap mengikuti debat yang digelar KPU. | Foto istimewa

 

Jakarta, bensor.co.id - Kekhawatiran sejumlah pihak bahwa debat cawapres ditiadakan, akhirnya terjawab. Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Idham Holik memastikan debat cawapres berlangsung dua kali.

 

Debat akan dilaksanakan sebanyak tiga kali untuk capres dan dua kali untuk cawapres.

“Capres itu tiga kali dan cawapres dua kali,” kata Idham, Sabtu (2/12/2023) melansir kompas.tv.

 

Pelaksanaan debat capres-cawapres pada Pilpres 2024 tersebut sesuai dengan Peraturan KPU No. 15 tahun 2023 Pasal 50 Ayat (1).

 

Idham mengatakan, KPU akan menyampaikan kepada tim kampanye untuk menghadirkan semua pasangan calon (paslon) dalam setiap sesi debat. 

 

Sementara itu, proporsi bicara capres maupun cawapres saat pelaksanaan debat akan disesuaikan dengan konteks.

 

“Rencananya akan didampingi oleh pasangan masing-masing. Misalnya, pada saat debat capres, aktor utamanya adalah capres itu sendiri dalam menyampaikan pendalaman materi visi, misi, dan program pencalonan. Dalam debat ini, cawapres hanya mendampingi saja,” jelas Idham.

 

Idham menegaskan, perubahan format debat tersebut tidak melanggar perundang-undangan. 

 

Ia menjelaskan, pada 29 November 2023, KPU juga sudah mengadakan rapat dengan ketiga tim kampanye pasangan calon.

 

Selain itu, KPU juga mengundang perwakilan media siaran rapat untuk mendengarkan penjelasan rencana pelaksanaan debat pasangan calon pada 30 November.

 

“Hal ini tidak keluar dari substansi norma Pasal 277 ayat (1) dan Penjelasan Pasal 277 ayat (1) UU No. 7 Tahun 2017 juncto Pasal 50 ayat (1) Peraturan KPU No. 15 Tahun 2023,” kata Idham, dilansir dari Antara.

 

KPU pun telah menetapkan tema khusus untuk setiap sesi debat.

 

Debat pertama pada 12 Desember 2023 akan membahas hukum, hak asasi manusia atau HAM, pemerintahan, pemberantasan korupsi, dan penguatan demokrasi.

 

Debat kedua pada 22 Desember 2023 akan mengusung tema pertahanan, keamanan, geopolitik, dan hubungan internasional.

 

Tema debat ketiga pada 7 Januari 2024 mencakup ekonomi (kerakyatan dan digital), kesejahteraan sosial, investasi, perdagangan, pajak (digital), keuangan, pengelolaan APBN.

 

Debat keempat pada 21 Januari 2024 akan membahas energi, sumber daya alam (SDA), SMN, pajak karbon, lingkungan hidup dan agraria, serta masyarakat adat.

 

Debat terakhir pada 4 Februari 2024 akan fokus pada teknologi informasi, peningkatan pelayanan publik, hoaks, intoleransi, pendidikan, kesehatan (post-COVID Society), dan ketenagakerjaan.

 

Tema-tema tersebut merujuk pada visi nasional dalam Pembukaan UUD NRI Tahun 1945 dan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional.(Bambang SP)

 

Editor Kholis 

Baca Juga

Kondusif, Rapat Pleno Rekapitulasi Suara di PPK

Redaksi

Kondusif, Rapat Pleno Rekapitulasi Suara di PPK

Minggu, 25 Februari 2024 13:28 WIB

  Lampung Selatan, bensor.co.id - Di tengah tudingan kecurangan para elit politik, proses perhitungan suara Pemilu 2024 di Lampung berlangsung k

Marak Pencurian Suara, Alzier Desak Pemungutan Suara Ulang

Redaksi

Marak Pencurian Suara, Alzier Desak Pemungutan Suara Ulang

Kamis, 22 Februari 2024 19:56 WIB

  Bandarlampung, bensor.co.id - Caleg DPR dari Partai Golkar Alzier Dianis Thabranie siap berjuang mengembalikan suaranya yang diduga dicuri. Ia

Caleg Dhuafa dan Parpol Gurem, Rentan Dicuri Suaranya

Redaksi

Caleg Dhuafa dan Parpol Gurem, Rentan Dicuri Suaranya

Senin, 19 Februari 2024 21:12 WIB

  Jakarta, bensor.co.id - Pencurian suara Pileg 2024 nyata terjadi. Caleg dhuafa dan partai gurem sangat potensial dan rentan menjadi korban. Ma