Beranda Nasional Ekonomi Seni Budaya Internasional Biografi Politik Hukum Kriminal Pemerintahan Foto Video Lelucon Muhasabah Otobiografi Pinggir Jurang Somasi Viral Berita Terbaru

Profil

Tentang Kami SUSUNAN REDAKSI Iklan

Ikuti Kami

Daerah   

Sekda Novriwan Tegaskan Berkomitmen Berantas Korupsi

Redaksi   |   Selasa, 05 Desember 2023, 17:07 WIB   |   55 dibaca
Sekda Novriwan Tegaskan Berkomitmen Berantas Korupsi

Sejumlah pejabat foto bersama saat sosialisasi penyuluhan anti korupsi bagi pejabat eksekutif, legislatif dan unsur profesi lainnya di Ruang Rapat Bupati setempat, Selasa (12/5/2023). | Foto humas

 

Tubaba, Bensor.co.id - Ada secercah harapan ketika korupsi sudah membudaya di birokrasi. Sejumlah pejabat berani bersuara lantang mensosialisasikan anti korupsi. Butuh bukti, bukan sebatas pidato di atas panggung.

 

Sekdakab Tubaba Novriwan Jaya, SP menyatakan, Pemerintah Kabupaten Tubaba berkomitmen memberantas korupsi dalam segala bentuk.

 

"Oleh karena itu, saya mendukung upaya-upaya pencegahan korupsi yang diinisiasi oleh Kedeputian Koordinasi dan Pengawasan Komisi Pemberantasan Korupsi Republik Indonesia (Korsup KPK RI) serta Forum Penyuluh Antikorupsi Lampung dan lembaga-lembaga terkait lainnya," Novriwan saat sosialisasi penyuluhan anti korupsi bagi pejabat eksekutif, legislatif dan unsur profesi lainnya di Ruang Rapat Bupati setempat, Selasa (12/5/2023).

 

Menurutnya, sosialisasi salah satu cara untuk meningkatkan pemahaman dan kesadaran anti korupsi. Dengan memahami risiko korupsi dan konsekuensinya, maka siap menangkalnya.

 

“Kita perlu menjalin kerja sama yang erat dengan lembaga-lembaga tersebut guna memastikan bahwa praktik korupsi tidak terjadi di pemerintahan khususnya di Kabupaten Tubaba yang kita cintai ini,” katanya.

 

Dia juga mengingatkan kepada pejabat eksekutif, betapa pentingnya integritas dan kejujuran dalam menjalankan tugas pemerintahan. Jabatan atau kekuasaan tidak boleh dijadikan alat untuk kepentingan pribadi atau kelompok. 

 

“Sementara kepada para anggota legislatif, saya mengajak untuk meningkatkan peran pengawasan terhadap penggunaan anggaran serta kebijakan-kebijakan pemerintah di daerah ini. Dengan melakukan pengawasan yang ketat dan efisien, kita dapat mencegah terjadinya praktik penyelewengan dan korupsi dalam proses pengambilan keputusan,” tutupnya.

 

Sementara itu, Ketua Forum Penyuluh Antikorupsi Lampung, Aris Supriyanto menjelaskan, tiga strategi pemberantasan korupsi yakni penindakan, perbaikan, edukasi dan kampanye.

 

Dia juga menerangkan, upaya pencegahan korupsi di daerah dilakukan dengan mengimplementasikan 8 intervensi area sebagai fokus perbaikan tata kelola Pemerintah Daerah, yakni :

1. Perencanaan dan Penganggaran APBD;

2. Pengadaan Barang dan Jasa;

3. Pelayanan Terpadu Satu Pintu;

4. Manajemen Aparatur Sipil Negara;

5. Kapabilitas aparat pengawas internal pemerintah;

6. Optimalisasi pendapatan daerah;

7. Tata Kelola Dana Desa;

8. Manajemen aset daerah. 

 

“Dengan diadakannya sosialisasi anti korupsi ini diharapkan nantinya tahun 2045 Indonesia bebas dari korupsi,” katanya.

 

Hadir pada kegiatan tersebut Anggota Forkopimda Kabupaten Tubaba, beserta para pejabat utama, dan para Kepala OPD dan Camat di lingkungan Pemerintah Kabupaten Tubaba. (Fio Basili)

 

Editor Kholis 

Baca Juga

Sopir Bus Eva Star Jadi Tersangka Kecelakaan Maut

Redaksi

Sopir Bus Eva Star Jadi Tersangka Kecelakaan Maut

Selasa, 27 Februari 2024 20:27 WIB

  Lampung Selatan, bensor.co.id - Polres Lampung Selatan tetapkan F (36) pengemudi bus Eva Star sebagai tersangka kecelakaan di gerbang tol seap

Jangan Ada Kolusi Dalam Rekrutmen

Redaksi

Jangan Ada Kolusi Dalam Rekrutmen

Senin, 26 Februari 2024 22:34 WIB

  Lampung, bensor.co.id - Main mata dan kolusi antara panitia dan peserta dalam rekrutmen harus dihindari. Ada sanksi hukum dan diskualifikasi b

Resahkan Warga, Warung Remang Remang Sinarlaga Nekat Beroperasi

Redaksi

Resahkan Warga, Warung Remang Remang Sinarlaga Nekat Beroperasi

Senin, 26 Februari 2024 15:51 WIB

  Mesuji, Bensor.co.id - Keberadaan warung remang-remang di Desa Sinarlaga (C1) Kecamatan Tanjung Raya Kabupaten Mesuji kian meresahkan warga. T